Membuat Komputer Rusak Berguna

Holala .. Ternyata susah kalo kita mau merakit komputer yang komponennya tidak lengkap, bisa jengkel juga loh. hehehe. Ini sih pengalaman aku, ternyata di rumah oma ku ada komputer-komputer yang tidak di pake alias 'rusak' katanya. Eh, kebetulan ada tiga unit CPU ne. Muncullah ide ini untuk coba jadiin ini komputer yang bisa di pake lagi. (Ceritanya mau baikin komputer rusak ne. hihihihihi. Modal nekat dan dikasih ijin).

Oke. Tanpa basa-basi lagi kita langsung ules, bagaimana kita manfaatkan komputer-komputer yang rusak menjadi berguna atau bisa di pake. Caranya adalah kita satukan buat komputer-komputer ini saling melengkapi setiap komponen yang kurang dari masing2 komputer. (Berarti ada yang akan jadi korban donk. hihi).

1. Tes Kelayakan
Yang pertama harus kita lakukan adalah mencoba semua komponen apakah masih berfungsi atau bisa di pake. Tentu saja dengan cara mencobanya di komputer yang masih bisa di pake, atau terserah bagaimana cara mu. (Kalo aku sih, coba motherboard dan power supply nya dulu kalo masih hidup. Trus, coba deh semua komponen di atasnya). Kalo sudah, kita pisahkan semua komponen komputer ini. Tentu saja dalam hal ini kita harus memiliki skill atau kemampuan sedikit saja dalam merakit komputer. (Kalo tidak ada, belajar aja di internet atau di buku sendiri. Tidak sulit kok. heeheh)

2. Kelengkapan
Yang kedua adalah kelengkapan komponen. Akan menjadi sebuah komputer kalo komponen yang akan aku sebutkan ini ada semua. -Motherboard, Power supply, Harddisk, Proccesor, Fan, RAM, CD/DVD Room, dan VGA Card kalo kita tidak menggunakan VGA onboard. Jangan lupa juga kebutuhan dasar berupa -Casing CPU, Monitor, Keyboard, Mouse, dan kabel konektor.
Semua komponen tersebut harus berfungsi semua.

3. Spesifikasi Sesuai
Hal ini penting juga. Setiap komponen pada dasarnya memiliki spesifikasi. Jadi kita harus membuat komputer ini kompetibel antar komponen. Tapi jangan khawatir, karena komponen umumnya sudah bisa menyesuaikan. Hanya saja untuk kebutuhan RAM dan Proccesor harus terpenuhi. Soket pada motherboard harus bisa di pasangkan RAM dan Proccesor. Spesifikasi antara komponen juga harus seimbang.

4. Merakit
Ini adalah langkah terakhir yang akan menentukan apakah usaha kita membuahkan hasil. hehehe.
Pasangkan setiap komponen pada tempatnya yang benar. Jika berhasil, intall sistem operasi pada komputer tersebut.

#Ini sih memang pengalaman aku sendiri. heheheh. Dan tentu saja membuahkan hasil yang baik.
*Good Luck !

0 komentar:

Post a Comment

 
© Copyright 2011 Kotak Berbagi
Theme by Jainer Laluyan